Kata Hati

Jika sesuatu yang tak tampak adanya merupakan sebuah kebenaran, dan Jika sesuatu yang tampak adanya merupakan sebuah kebohongan, maka itulah sebenarnya KEHIDUPAN yang selama ini kita jalani.... :)

Minggu, 22 Januari 2012

Menyulap Kertas Bekas Menjadi Uang Kertas



liliekriyanto.blogspot.com



Tempat Majalah


Meskipun era komunikasi sekarang ini sudah didominasi oleh media elektronik dan orang dengan sangat mudah mengakses berita lewat internet, namun keberadaan media cetak seperti koran, majalah dan tabloid tetap mendapat tempat di hati para pembacanya.  
Berbeda dengan media elektronik yang dapat disimpan dalam bentuk file atau dihapus jika sudah tidak diperlukan.  Adanya sisa kertas yang digunakan sebagai bahan baku koran kadang mengganggu kebersihan rumah dan menambah jumlah sampah. 
Biasanya ini menjadi rejeki para pengumpul kertas bekas.  Kita cukup menjual kertas kepada mereka dengan harga kiloan.  Beberapa juga sering kita lihat bentuk-bentuk kreasi dari kertas bekas ini dengan mengolah limbahnya menjadi bubur kertas lalu hasilnya digunakan sebagai bahan baku kerajinan kertas bekas.


Tempat Tissue
Tetapi mungkin belum banyak yang tahu, kertas koran dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan kerajinan anyaman. Barang anyaman yang dapat dibuat dari kertas koran di antaranya tempat tisu, tas, asbak, kap lampu, tatakan gelas dan  wadah pakaian kotor dan sebagainya. 
Anyaman rotan, anyaman bambu, mungkin juga anyaman dari eceng gondok sudah biasa,  kalau anyaman dari kertas?
Apa yang harus dilakukan untuk membuat kerajinan anyaman kertas koran bekas?
Berikut merupakan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi sampah kertas koran sekaligus memanfaatkan kertas koran sebagai barang berguna.


Membuat biji anyam 
Biji anyam dibuat dari potongan memanjang kertas koran selebar 5 – 10 cm (searah serat kertas biasanya disobek dari atas kebawah).  Kemudian dari sobekan kertas koran tadi dibuat empat macam biji anyam yang akan digunakan untuk membuat karya, yaitu :


Biji anyam pelintir, pita kertas selebar kurang lebih 6 cm dipelintir dengan kedua tangan dengan arah yang berlawanan
<$2Fdiv>


Biji anyam kepang, pita kertas ditekuk menjadi dua bagian yang tidak sama panjang.  Ambil pita kertas lain dan letakkan dibagian tengah lalu kepanglah seperti mengepang rambut.  Bila pita habis dikepang dapat disambung dengan pita kertas selanjutnya


Biji anyam pilin, pita kertas yang sudah dipelintir ditekuk pada salah satu bagiannya , kertas kemudian dipilin dengan kedua tangan.  Bila pita habis dikepang dapat disambung dengan pita kertas selanjutnya.






Biji anyam linting, yaitu dengan menyiapkan lidi atau bambu berdiameter 3 mm, lipat kertas koran menjadi dua bagian.  Bagian luar lebih lebar lalu gulung kertas koran dengan lidi dalamnya.  Panjang koran tidak melebihi panjang lidi.  Beri lem pada bagian luar supaya tidak lepas. Tarik / lepaskan alat pelinting (lidi) dari dalam gulungan kertas











Teknik Pengerjaan 


Teknik Satu Kali Lompatan


Teknik Zig zag ganti tumpang
Teknik Pilin ganti tumpang

Hasil Teknik Pilin yang disusun melingkar





Teknik Pewarnaan 
Dapat dilakukan sebelum dianyam dengan cara dicelup pada larutan pewarna atau sesudah dianyam dengan cara dikuas.  Kemudian setelah selesai divernis atau politur atau cat pylox (netral)

Lem Tembak (Glue Gun)


Peralatan
Gunting
Kuas
Lem Bakar / lem tembak
Pisau / cutter



Produk anyaman tahan terhadap air karena terlindungi oleh lapisan cat vernis yang mengkilap dan tahan air. Selain itu, anyaman diperkuat dengan lapisan lem. Produk anyaman kayu mampu bertahan lama, asal tak terkena sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama.


Dan yang lebih menarik, kerajinan anyaman ini prospek bisnisnya cukup bagus jika ditekuni secara serius. Itu artinya anda sudah berhasil menyulap kertas koran bekas itu menjadi uang kertas.
Bagaimana, anda tertarik untuk mencoba?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar